Senin, 04 April 2011

Mekanika-2(Vektor)

Ilmu tentang vektor yang kita bahas ini sangat penting dan mendukung untuk memahami dan menyelesaikan soal-soal fisika. Sebagian besar siswa disekolah merasa kesulitan memahami bab tentang vektor. Tips and Tricknya tentang vektor anda bisa pahami pada postingan kali ini, yuk saatnya kita bertualang tentang vektor.

 Vektor : 
adalah salah satu besaran fisika yang memiliki nilai dan arah, pada dasarnya sebagian besar soal fisika tentang penjumlahan vektor hanya ada 2 macam :

Tips : " pada penjumlahan dan pengurangan 2 buah vektor persamaan yang kita gunakan hanya satu " yaitu :


 

hanya saja tergantung sama dengan sudut apit kedua vektor yang kita masukkan, Trick : " misalkan sudut apit mula-mula antara dua vektor α = 30o , pada saat pengurangan akan berlaku α = ( 180o – 30o ) ". 


Komponen Vektor :  

Dari sebuah vektor dapat kita uraikan menjadi 2 komponen vektor berdasarkan sudut yang diapitnya terhadap arah horisontal (sumbu x) atau vertikal (sumbu y). Dari gambar di atas Px = P cos α (karena Px bearda disamping sudut α), Py = P sin α (karena Py berada di depan sudut α). sehingga jika ada beberapa vektor dan untuk mencari besar resultan dapat kita selesaikan dengan cara aturan komponen vektor.

Contoh Penyelesaian :


Tips and Trick : 
  1. Jika  sudut apit kedua vektor (α = 0o ) maka resultannya merupakan penjumlahan nilai dari kedua vektor tersebut
  2. Jika ( α = 90o ) maka resultannya dapat kita selesaikan dengan persamaan pythagoras
  3. jika ( α = 120o ) dengan catatan nilai kedua vektor adalah sama(F1 = F2 = F), maka resultannya adalah F (sama dengan nilai kedua vektor tersebut)
  4. jika ( α = 180o ) maka resultannya merupakan pengurangan nilai dari kedua vektor tersebut

Contoh Soal :

diketahui soal seperti gambar di bawah tentukan resultan ketiga vektor tersebut?




Penyelesaian : 


Kita bisa menyelesaikan soal di atas dengan cepat menggunakan Tips and Trick :
langkah :
  1. lihat vektor gaya F1 dan F3 kedua vektor tersebut mengapit sudut ( α = 120o ) maka sesuai Tips and Trick ke-3 nilai resultan kedua vektor tersebut F13 = 20 N, dengan sudut F13 terhadap sumbu x-nya adalah ( 60o ) atau terhadap sumbuy-nya ( 30o ), karena kedua vektor sama besar maka sudut F1 dan F3 dibagi dua saja 
  2. dari hasil langkah 1, ternyata F13 berlawanan dengan F2 maka sesuai Tips and Trick ke-4 akan kita peroleh resultan dari ketiga vektor (F1, F2, dan F3) dari gambar di atas, maka resultannya F123 = 4 N (F123 = F13 - F2).
          
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar